MRT Pertama Malaysia Pakai 58 Kereta Buatan Jerman

Solid Gold Malaysia resmi mengoperasikan Moda transportasi masal Mass Rapid Transit (MRT) pertamanya dengan rute Sungai BulohKajang (SBK).

Lintasan MRT sepanjang 51 km ini menghubungkan Sungai Buloh hingga Kajang dan melewati kawasan Kalang Valley yang sangat terkenal dengan kemacetan lalu lintasnya.

Rute MTR ini dilengkapi dengan 31 stasiun pemberhentian yang dilayani menggunakan 58 kereta yang diproduksi perusahaan manufaktur Jerman, Siemens AG. Kecepatan maksimal kereta ini bisa mencapai 100 km.

Kereta Buatan Jerman di MRT Pertama Malaysia Foto: dok. MRT Corp Sdn Bhd
Untuk urusan desain MRT Malaysia ini dipercayakan kepada BMW Designworks USA. Mengutip data MRT Corp Sdn Bhd, Selasa (18/7/2017), jumlah kereta yang dioperasikan adalah sebanyak 58 km.

Setiap rangkaian yang terdiri dari 4 unit gerbong. Di mana, masingmasing unit dapat mengangkut hingga 300 penumpang.

Kereta Buatan Jerman di MRT Pertama Malaysia Foto: dok. MRT Corp Sdn Bhd
Jarak operasi antar kereta adalah 3,5 menit. Artinya, dalam 1 jam ada 17 rangkaian kereta yang bergerak. MRT ini beroperasi sejak pukul 6.00 pagi waktu setempat hingga tengah malam.Kereta Buatan Jerman di MRT Pertama Malaysia Foto: dok. MRT Corp Sdn Bhd
Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan, beroperasinya MRT pertama di Malaysia ini bakal membawa dampak yang signifikan pada pariwisata di Malaysia.