Sri Mulyani: Semua Program Pemerintah untuk Perangi Kemiskinan

Solid Gold Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin di Indonesia mengalami peningkatan. Selama periode September 2016 hingga Maret 2017, jumlah penduduk meningkat sebanyak 6.900 orang.

Menanggapi hal ini Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menjelaskan pemerintah saat ini sudah memiliki sejumlah program untuk dapat menekan tingkat kemiskinan yang ada. Program tersebut, kata Sri Mulyani, masih terus dijalankan untuk memerangi angka kemiskinan.

“Program pemerintah, Presiden, untuk memerangi kemiskinan tetap dilakukan. Programprogram sosial, kenaikan PKH, subsidi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar. Itu semuanya untuk menurunkan kemiskinan,” kata Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Maka dari itu, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah tengah melihat apakah programprogram tersebut dapat berjalan efektif, khususnya di daerah. Itu semua tergantung pada upaya dari pemerintah daerah masingmasing.

“Jadi sekarang lebih kepada apakah programprogram tersebut masuk penetrasi ke daerahdaerah yang memang miskin dan juga anggaran dana desa dipakai untuk itu,” tukas Sri Mulyani.

Berdasarkan data BPS, per Maret 2017 jumlah penduduk miskin di Indonesia tercatat sebanyak 27,77 juta orang. Walau mengalami kenaikan jumlah penduduk miskin, namun jumlah persentase di Indonesia per Maret 2017 mencapai 10,64% atau turun tipis 0,06% dari persentase September 2016 yakni 10,7%.