Di Piala Dunia 2018, Wasit Bakal Dibantu Oleh Video Tayangan Ulang

Pasalnya, presiden FIFA Gianni Infantino menyebut, kemungkinan di turnamen tersebut, wasit akan mendapatkan bantuan video tayangan ulang sebagai bahan pertimbangan keputusan. Apakah FIFA pada akhirnya berani mewujudkan terobosan radikal ini?
Selama ini, isu penggunaan tayangan ulang memicu pro dan kontra. Di satu sisi, dengan kemajuan teknologi, penonton bisa saja lebih pintar daripada wasit dalam menganalisis kejadian di lapangan. Semisal, Jamie Vardy yang mendapatkan kartu merah karena dianggap diving dalam laga kontra West Ham lalu.
Wasit hanya bisa mendapatkan bantuan dari hakim garis yang pandangannya sama-sama terbatas. Bisa saja keputusan wasit tersebut memicu kontroversi, karena penonton yang dipandu tayangan kamera dari berbagai sudut, dapat melihat lebih jelas.
Jika tayangan ulang digunakan sebagai alat pembantu pengambil keputusan, wasit tinggal perlu melihat tayangan tersebut beberapa saat. Dengan demikian, keputusannya akan lebih akurat. Namun di sisi lain, bagi penggemar sepakbola tradisional, pemakaian tayangan ulang bisa saja dianggap menodai sepakbola, karena unsur kontroversi bakal tercabut. Sepakbola, bisa mengikuti jejak saudara mereka, American Fotball.
Namun, Gianni Infantino siap mengambil risiko dengan membuka kesempatan penggunaan tayangan ulang ini. Sebelumnya, Maret lalu International Football Association Board (IFAB) sudah memutuskan bakal memakai teknologi ini selama dua tahun untuk membantu keputusan seputar gol, kartu merah, penalti, dan hal-hal lain.
Kini, dikutip dari Okezone.com Infantino sang presiden FIFA mengungkap, Uji coba penggunaan video (tayangan ulang) akan segera dimulai dan bakal memakan waktu dua tahun. Artinya pada Maret 2018 akan ada keputusan apakah teknologi tersebut berguna bagi sepakbola.
Lebih jauh, Infantino menjelaskan, Saya sangat berharap, Piala Dunia (2018) di Rusia akan menjadi Piala Dunia pertama yang meggunakan video (tayangan ulang)sebagai bahan pertimbangan wasit (dalam mengambil keputusan).

booktravelpro.com agen bola terpercaya Sumber: Sidomi